Mengenai Kami


Geografi merupakan salah satu mata ajar disekolah. Geografi adalah suatu displin ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang spasial. Ruang lingkup studi geografi mencakup kajian fisik dan interaksi manusia dengan lingkungannya serta aspek sosial yang ada. Geografi diharapkan mampu mengembangkan potensi pada generasi muda serta dapat memberikan solusi atas permasalahan kebencanaan, yang mecakup langkah-langkah mitigasi bencana untuk meminimalisir dampak dan kerugian akibat bencana.
Indonesia merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi bencana. Letak indonesia yang berada pada jalur ring of fire dan terletak diantara 4 lempeng besar dunia membuat indonesia kerap dilanda bencana baik bencana alam maupun bencana sosial. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan bagi masyarakat dan pemerintah, dikarenakan terjadinya bencana akan menyebabkan kerugian baik kerugian material dan kerugian non material. Tantangan ini harus disikapi oleh masyarakat dan pemerintah dengan sebaik mungkin untuk menghindari kerugian baik material maupun non material. Salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu menyusun rancangan mitigasi berbasis informasi geospasial sebagai sarana untuk memetakan daerah rawan bencana dan daerah terdampak bencana, hal ini diperlukan untuk menjadikan indonesia sebagai negara tanggap bencana.
Oleh karena itu, pemahaman mengenai kebencanaan perlu ditanamkan pada generasi muda, agar kelak generasi muda dapat berkontribusi dan menjadi agent of change dalam menyukseskan mitigasi bencana berbasis infomasi geospasial ini. Berkaitan dengan hal tersebut, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang memberi wadah kepada para generasi muda khususnya siswa-siswi SMA/MA Sederajat untuk berkompetisi dalam bidang Geografi melalui kegiatan berupa GEOGRAPHY CHAMPIONSHIP, yang pada penyelenggaraan ke-delapan di tahun 2019 ini mengusung tema Kontribusi Geografi Dalam Sinergisme Mitigasi Bencana Berbasis Informasi Geospasial Menuju Indonesia Tanggap Bencana”.